1 Des 2015

Buku Baru: Petualangan Sekeping Kancing



Judul      : Petualangan Sekeping Kancing
Penulis   : Veronica W.
Ilustrator: Mira Widhayati
Penerbit : PT Kanisius 
(Diterbitkan sebagai Accelerator Project dari Room to Read)

Sinopsis

Sekeping kancing terlepas dari sebuah gaun lalu jatuh menggelinding di jalan. Seorang anak mengambil kancing itu, lalu membuangnya. Kejadian ini terjadi berulang kali sehingga kancing merasa tidak diinginkan. Suatu hari seorang anak perempuan menemukannya dan sesuatu yang ajaib terjadi. Dapatkah kamu menebak apa yang terjadi pada kancing?

Perjuangan yang Tak Sederhana

Cerita Petualangan Sekeping Kancing memang sederhana. Namun, untuk membuat cerita yang tampak “sederhana” itu ternyata membutuhkan perjuangan yang tidak sederhana. Tak hanya sekeping kancing yang bertualang. Saya pun ikut bertualang untuk menyusun buku ini. 


Pembuatan buku ini berawal dari salah satu project yang dilakukan oleh Room to Read. LSM Amerika yang berfokus pada pendidikan ini bermaksud membagikan buku gratis untuk anak-anak Indonesia yang dibuat oleh penulis dan ilustrator lokal. Maka, Room to Read yang bekerja sama dengan ProVisi Education menggandeng Mizan, Kanisius, Litara, dan LAI untuk membuat buku-buku tersebut.

Keempat lembaga itu pun menjaring para penulis dan ilustrator untuk diajak bekerja sama. Puji Tuhan, saya terjaring oleh tim Kanisus. Selain saya, ada juga Mbak Watiek Ideo dan Mbak Widya Ross.

Workshop bersama Room to Read
Bulan Januari 2015, saya dan 19 penulis lain harus mengikuti workshop 4 hari di SanGria Lembang sebagai kegiatan awal dalam proses penulisan. Selama workshop, para penulis benar-benar digembleng untuk membuat buku cerita anak yang nggak asal jadi. Workshop yang padat gizi ini menjadi bekal kami untuk menulis cerita. 

Selama worshop itu kami diminta menulis dua cerita untuk dipilih salah satu oleh pemateri dan fasilitator. Lalu, dari 20 penulis hanya diambil 14 karya (tetapi akhirnya jadi 15) yang akan dibukukan. Puji Tuhan, karya saya lolos. Hmm, cerita superkomplit tentang workshop ini bisa dibaca di blog sahabat saya, Mbak Dedew.


Selain workshop untuk penulis, dengan proses yang sama, Room to Read juga mengadakan workshop untuk para ilustrator. Hingga akhirnya naskah saya terpilih untuk diilustrasi oleh Mira Widhayati.  



Ajaib bisa ketemu Mira. Saya kenal Mira waktu masih ngantor di Majalah Bobo. Waktu itu Mira sempat ngantor di Bobo juga. Tetapi, seingat saya, Mira belum pernah mengilustrasi cerita saya. Eh, sekarang, saat kami sudah sama-sama tidak ngantor di Bobo, malah bisa bertemu di project ini. 


Uji coba buku di SD Kanisius Demangan.
Setelah naskah Petualangan Sekeping Kancing diilustrasi oleh Mira, tidak bisa langsung diterbitkan, lho! Naskah ini dibuat dummy untuk diujicobakan ke 3 sekolah. Beruntung, saya bisa mengikuti proses uji coba ini. Murid-murid dan guru pun memberi masukan untuk memperkaya buku ini. 

Tanggal 18 November 2015 di Hotel Pullman Jakarta diluncurkanlah Petualangan Sekeping Kancing bersama 14 buku lainnya. Selanjutnya, buku-buku ini akan dibagikan gratis kepada perpustakaan-perpustakaan yang menjadi sasaran project Room to Read di daerah Parung (Bogor), Gresik (Jawa Timur), dan Labuan Bajo (NTT).

Jadi, bagaimana kalau ingin punya buku ini?

Menurut Mbak Erni, editor Kanisius, kalau ada banyak teman yang menginginkan buku ini, Kanisius bisa mencetaknya ulang untuk dijual bebas, lho! Jadi, siapa yang berminat? Yuk, mencatatkan diri pada saya!
Launching si Kancing oleh Tim Kanisius.

Kini Petualangan Sekeping Kancing akan segera bertualang menemui para pembacanya. Terima kasih untuk semua yang telah memberikan banyak masukan dan dukungan bagi buku ini. 

Terima kasih superspesial untuk tim Kanisius (Mbak Erni, Mbak Flora, Mas Yudi). Terima kasih juga untuk Alfredo (Room to Read), teman-teman editor/fasilitator workshop Lembang (tim Provisi, Mizan, Kanisius, Litara, LAI), dan teman-teman penulis yang bertualang bersama selama workshop.  Tak boleh dilupakan, terima kasih superspesial juga untuk Mira yang telah mempercantik buku ini dengan tangan ajaibnya. 

Sukses buat semuanya!
Penampakan 15 buku yang diluncurkan di Hotel Pullman.

* sumber foto:
- Mbak Erni (Launching si Kancing ; Uji coba buku)
- Dewi Tri Kusumah (Penampakan 15 buku) 

Baca juga:
 

2 comments:

MEINE WELT mengatakan...

Aku berminaaaaatt!

Agnes Bemoe

Veronica W mengatakan...

Siiip! Saya catat ya, Mbak. Makasiiih....

Poskan Komentar